Cara Cerdas Pilih Mobil Bekas


Tak ada rotan akar pun jadi. Tak ada mobil baru, mobil bekas pun menjadi pilihan tepat untuk dibeli. Apalagi ketika bujet yang Anda miliki pas-pasan atau belum cukup untuk membeli sebuah mobil baru.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam membeli mobil bekas karena ketika salah pilih atau kondisinya tidak sesuai seperti yang dijelaskan penjual ketika proses negosiasi, maka bersiaplah untuk gigit jari.

Tim Technical Service PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas serta bagaimana cara perawatan mobil yang telah dibeli tersebut.

Pertama, cobalah cari tahu semaksimal mungkin tentang jenis produk atau model mobil bekas yang akan Anda beli seperti spesifikasi, fitur, kelengkapan, serta har¬ga mobil tersebut di pasaran, baik itu melalui teman, media, internet, dan lain sebagainya.

Setelah Anda cukup memiliki informasi tentang model yang ingin dibeli, bandingkanlah model tersebut di berbagai showroom penjualan mobil bekas agar Anda mendapatkan kualitas kendaraan maupun harga yang terbaik.

Kedua, setelah melakukan perbandingan di setiap showroom, lakukan pengecekan kualitas kendaraan, terutama pada beberapa bagian penting dari kendaraan yang ingin dibeli tersebut.

Pada bagian bodi kendaraan, pastikan tidak ada bekas kecelakaan yang keras pada mobil karena dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal terutama pada rangka mobil.

Jika mobil tersebut pernah mengalami tabrakan, lupakan saja karena akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut.

Selain itu, perhatikan secara teliti apakah terdapat cat yang terkelupas, warna mobil yang belang, karat atau bagian yang keropos pada kendaraan tersebut. Penampilan mobil yang baik biasanya akan menambah nilai jualnya.

Selanjutnya, cek kondisi mesin seperti kuantitas dan kualitas oli serta pastikan tidak ada kebocoran pada bagian mesin. Anda juga harus memperhatikan sistem penggerak yang terdapat pada sebuah mobil seperti setir, tuas perseneling, hingga roda.

Langkah berikutnya adalah melakukan tes jalan sambil memperhatikan setiap fungsi pada kendaraan seperti lampu, pembersih kaca, pendingin mobil, dan berbagai fitur-fitur pendukung lainnya.

Perhatikan juga apakah terdapat suara yang mencurigakan pada saat kendaraan dijalankan yang kemungkinan berasal dari bagian-bagian kendaraan yang berfungsi kurang baik.

Bukti Perawatan

Pada prinsipnya mobil bekas adalah mobil yang tidak diketahui riwayat perawatannya. Oleh karena itu, hal terbaik yang Anda harus lakukan ketika transaksi telah disepakati adalah meminta bukti perawatan di bengkel resmi dari pemilik kendaraan.

Apabila pemilik mengaku tidak memiliki bukti perawatan tersebut, Anda sebaiknya memastikan kondisi pelumasan dan cairan dalam keaadan prima seperti oli mesin, transmisi, gardan, air pendingin, minyak rem, sampai minyak power steering.

Selain itu, periksa pula penggerak karet seperti timing belt, v-belt AC atau alternator. Jika Anda menemukan kondisinya sudah retak-retak, segera ganti penggerak karet tersebut agar tidak bertambah parah.

Anda harus menjadi seorang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dengan terus menggali informasi dan latar be¬lakang mobil tersebut. Jangan pernah lang¬sung jatuh cinta dan membeli mobil bekas pada pandangan pertama, bersabarlah.

Jangan langsung percaya apabila pemilik mengatakan mobil yang ingin dijual adalah kepemilikan tangan pertama dan hanya dipakai dalam jarak dekat seperti di dalam kota saja.

Kemungkinan terburuk adalah mobil tersebut telah diubah odometernya atau bekas dari perusahaan rental yang memiliki jarak tempuh yang panjang.

Apabila Anda masih harus memperbaiki bagian tertentu dari mobil bekas yang ingin dibeli, lupakan saja pilihan tersebut karena dikhawatirkan Anda harus melakukan per¬¬baikan di beberapa bagian lainnya sehingga mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Namun, kehati-hatian janganlah membuat Anda bertindak kurang baik terhadap penjual mobil bekas. Tidak semua mobil bekas yang dijual berkualitas kurang baik dan banyak pula penjual yang menawarkan mobil bekas yang bermutu.

Next Post

No more post

You May Also Like